Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Bukti Transfer BCA 2021, Cek Perbedaan Asli dan Palsu

2 min read

Perbedaan Bukti Transfer BCA Asli dan Palsu

Bukti Transfer BCA – BCA menjadi salah satu bank yang paling favorit untuk digunakan oleh para pebisnis online khususnya untuk para penjual online. Salah satu penyebab yang membuat kenapa bank BCA sangat digemari oleh para pebisnis online adalah karena kemudahannya. Baik kemudahan dalam mentransfer uang, mengecek saldo dan kemudahan dalam pengambilan uang.

Berbagai fitur lain juga ditawarkan oleh BCA seperti tarik tunai tanpa kartu, setor tunai via ATM, cek saldo melalui mobile banking dll. Tidak heran kalau banyak pebisnis online menggunakan BCA sebagai bank yang digunakan dalam bertransaksi. Namun, tahukah kamu? Kalau akhir-akhir ini marak kasus penipuan yang terjadi karena adanya struk atau bukti transfer BCA palsu. Yup, banyak orang pintar yang salah menggunakan kepintaran mereka dalam hal editing, mereka bisa mengedit bukti transfer sehingga bisa digunakan untuk menipu korbannya.

Sebagai contoh, ketika ada orang yang membeli barang kita secara online dan melakukan pembayaran secara transfer, tentu kita sebagai penjual akan menunggu uang masuk dulu, baru kita kirim barangnya. Nah, disini ada celah yang digunakan oleh penipu dengan mengirimkan bukti transfer BCA yang palsu, baik itu bukti transfer m banking BCA atau bukti transfer ATM BCA.

Kalau kita tidak hati-hati, kita akan segera mengirimkan barang yang kita jual setelah melihat bukti transfer tersebut. Dan kita akan tertipu, jadi alangkah baiknya ketika kita dikirimkan bukti transfer, kita harus mengecek terlebih dahulu kebenaran dari bukti transfer tersebut.

Jenis Bukti Transfer BCA

Ada 4 jenis bukti transfer yang ada dan bisa kita dapatkan ketika kita bertransaksi dengan menggunakan bank BCA.

– Bukti Transfer M Banking BCA

Bukti transfer ini didapatkan ketika kita mentransfer uang melalui aplikasi mobile banking BCA. Biasanya setelah kita melakukan transfer ada bukti transfer yang muncul dan biasa kita lakukan screenshot pada layar HP kita.

– Bukti Transfer Internet Banking BCA

Bukti transfer ini bisa kita dapatkan ketika kita mentransfer uang melalui Klikbca individual.
Sebagai tambahan informasi, ketika kita melakukan transfer di internet banking BCA, kita membutuhkan alat tambahan berupa keybca.

– Bukti Transfer ATM BCA

Bukti transfer ini didapatkan ketika kita mentransfer uang melalui ATM BCA. Biasanya, tercantum nama ATM dan lokasi ATM dengan jelas. Struk atm ini pasti akan keluar ketika kita sudah selesai melakukan transfer kecuali memang ada masalah di ATM tersebut atau ketika kertas struk sudah habis, maka kita tidak akan mendapatkannnya.

– Bukti Transfer SMS Banking BCA

Bukti transfer ini bisa kita dapatkan ketika kita melakukan transfer melalui layanan sms banking. Kita akan mendapatkan sms masuk berupa detail transaksi yang kita lakukan begitu kita selesai melakukan transaksi. Untuk beberapa kasus, biasanya ada jeda waktu tertentu untuk kita mendapatkan sms masuk, apalagi kalau sinyal di tempat kita tidak bagus.

Bukti Transfer BCA Asli dan Palsu

Membedakan Bukti Transfer BCA Asli dan Palsu

Dengan bisa membedakan bukti transfer yang asli dan palsu, kita bisa terhindar dari modus penipuan. Berikut admin jelaskan beberapa perbedaan dari bukti transfer BCA yang asli dan palsu

  • Bukti transfer asli ada logo BCA sedangkan yang palsu tidak
  • Tulisan bukti transfer asli sangat rapi Sedangkan yang palsu biasanya tidak rapih
  • Jarak atau spasi bukti transfer asli sama rata sedangkan yang palsu biasanya tidak rata
  • Bukti transfer asli memiliki tulisan yang jelas sedangkan yang palsu agak buram
  • Ukuran font bukti transfer asli sama besar kecilnya, sedangkan yang palsu ada yang tidak sama

Contoh Bukti Transfer BCA

Dibawah ini, kami lampirkan beberapa contoh bukti transfer BCA. Silahkan perhatikan baik-baik bukti transfer yang asli dibawah ini.

Bukti Transfer M Banking BCA Asli

Bukti Transfer BCA

Bukti Transfer Internet Banking BCA Asli

Bukti Transfer Klikbca

Bukti Transfer ATM BCA Asli

Bukti Transfer ATM BCA

Tips Ketika Kita Dikirimkan Bukti Transfer BCA

Ketika kita bertransaksi baik online maupun offline dan menggunakan sistem pembayaran by transfer. Ada baiknya kita harus mengecek ke aslian bukti transfer yang ditunjukan kepada kita. Dibawah ini ada beberapa tips yang harus anda lakukan ketika anda diperlihatkan bukti transfer sebagai bukti pembayaran dari penjualan anda.

  • Jangan langsung mengirimkan barang ketika dikirimkan bukti transfer
  • Pastikan bukti transfer BCA nya asli
  • Selalu cek mutasi rekening ketika kita ada transaksi masuk
  • Cek jumlah transferan apakah sesuai atau tidak
  • Jangan percaya kepada bukti transfer yang dikirimkan sebelum kita mengecek mutasi rekening kita.

Baca Juga : Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Kesimpulan

Dengan membaca penjelasan diatas, diharapkan teman-teman semua bisa membedakan antara bukti transfer BCA yang asli dan palsu. Dan tetaplah berhati-hati ketika kita melakukan proses jual beli secara online. Pastikan selalu cek mutasi rekening ketika ada saldo masuk atau keluar.

Dan jangan tergesa-gesa mengambil keputusan apabila kita belum tahu apakah uangnya sudah masuk atau belum. Pastikan anda sudah mendaftar internet banking bca, atau m banking atau sms banking untuk mempermudah dalam pengecekan mutasi.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com