Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Cara Pinjam Uang di Shopee, Bunga dan Syarat SPinjam 2021

2 min read

Cara Pinjam Uang di Shopee

Cara Pinjam Uang di Shopee – Shopee memang marketplace yang tidak habis memberikan berbagai fitur untuk menarik pengguna baru dan juga membuat pengguna lama semakin loyal. Setelah memberikan fitur COD dan PayLater, Shopee baru-baru ini juga mulai memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk meminjam uang langsung dari aplikasi mereka. Jadi, bagaimana cara pinjam uang di Shopee?

Apa Itu Shopee Pinjaman?

Pinjaman Shopee atau dikenal juga dengan SPinjam merupakan layanan terbaru dari Shopee yang ditawarkan untuk para pengguna yang membutuhkan dana cair. Pinjaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan bisnis dan kebutuhan sehari-hari. Tentunya, dana ini juga bisa digunakan untuk membeli produk-produk yang ada di Shopee.

Tetapi, perlu dipahami bahwa Shopee Pinjam tidaklah sama dengan Shopee PayLater. Paylater hanyalah layanan yang memberikan kesempatan bagi pengguna untuk melakukan cicilan ketika membeli barang. Limit kredit yang didapatkan dari Shopee PayLater sendiri tidak bisa diuangkan. Hal ini berbeda dengan Shopee Pinjam dimana dana bisa dicairkan ke rekening pribadi pengguna.

Cara pinjam uang di Shopee sendiri merupakan fitur yang dihasilkan dari kerjasama Shopee dengan perusahaan pembiayaan, yaitu PT. Lentera Dana Nusantara. Kerja sama ini memberikan kemudahan bagi para pengguna karena data yang mereka miliki di Shopee dapat langsung digunakan untuk verifikasi data ketika hendak melakukan pinjaman. Hal ini tentu berperan dalam mempercepat proses persetujuan kredit dan pencairan dana.

Dari sisi pengguna, Shopee Pinjam untuk pembeli hanya diberikan kepada para pengguna yang telah aktif menggunakan Shopee PayLater. Hal ini beralasan sama seperti di atas, bahwa data pada PayLater akan digunakan untuk melakukan verifikasi kemampuan finansial calon peminjam.

Sementara itu, limit kredit yang diberikan dari cara pinjam uang di Shopee pun beragam, mulai dari Rp. 3.000.000,- untuk akun pembeli, dan mulai dari Rp. 5.000.000,- untuk akun penjual.

Bunga Pinjaman Modal Shopee

Shopee memberikan bunga yang cukup kompetitif kepada para nasabah shopee pinjam, dibandingkan dengan fintek lainnya, bunga yang diterapkan oleh shopee pinjam termasuk ringan yakni hanya sebesar 2.45% per bulannya. Ada juga biaya lainnya yaitu biaya penanganan yang diterapkan oleh shopee yaitu sebesar 3% per transaksi. Apabila pembayaran anda mengalami keterlambatan, maka shopee akan mengenakan denda sebesar 5%.

Cara Pinjam Uang di Shopee Terbaru

Jika kamu sudah pernah menggunakan layanan Shopee PayLater sebelumnya, maka fitur Shopee Pinjam hanya akan menunggu undangan dari pihak Shopee untuk diaktifkan. Sementara itu, jika belum mendapatkan layanan PayLater, ada baiknya untuk diaktifkan terlebih dahulu dengan mengirimkan data yang diperlukan.

Jika sudah mendapatkan limit kredit dari Shopee Pinjam, maka cara pinjam uang dari Shopee adalah:

  • Buka aplikasi Shopee dan temukan menu Shopee Pinjam pada tab “Saya’.
  • Tekan tombol “Ajukan”.
  • Tentukan nominal yang hendak kamu pinjam beserta periode cicilan. Nominal yang tersedia ini akan tergantung pada limit kredit yang diberikan oleh Shopee Pinjam untuk setiap pengguna.
  • Masukkan informasi rekening bank pribadi yang memiliki nama yang sama dengan akun Shopee Pinjam.
  • Cek kembali informasi yang kamu masukkan.
  • Tekan “Ajukan Sekarang” jika data sudah sesuai dan tepat.
  • Dana akan masuk ke dalam rekening bank kamu dalam beberapa menit.

Syarat Meminjam Uang di Shopee

Sebagai aplikasi berbasis fintek, tentu saja shopee menerapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon krediturnya, diantaranya adalah para calon peminjam mempunyai dan sedang berjualan diaplikasi shopee minimal sudah berjalan selama 6 bulan, selain itu anda harus memiliki transaksi penjualan minimal sebanyak 10 kali setiap bulannya. Penghasilan anda berjualan pun harus minimal 2 juta rupiah perbulan. Untuk syarat dokumen, anda harus mempunyai KTP elektronik dan NPWP jika diperlukan. Kalau semua persyaratan diatas terpenuhi, maka anda bisa mengajukan pinjaman ke shopee lewat shopee pinjam. Biasanya anda akan diberikan limit terlebih dahulu.

Kesimpulan

Nah, demikian penjelasan mengenai cara pinjam uang di Shopee. Jangan lupa untuk memperhatikan besaran bunga serta biaya lainnya. Selain itu, selalu bayar cicilan tepat waktu untuk tetap mendapatkan limit kredit yang tinggi.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *