Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Kartu ATM BRI Tertelan 2021, Cek Cara Mengurusnya Disini

2 min read

Cara Mengurus ATM BRI Tertelan

Kartu ATM BRI Tertelan – Admin yakin pasti banyak orang pernah mengalami kartu ATM BRI nya tertelan oleh mesin atm, entah itu karena lupa atau memang lagi apes saja pas menemukan mesin ATM yang sedang eror. Admin pun pernah mengalami kejadian ATM BRI ketelan mesin atm, hal tersebut dikarenakan mesin atm yang tidak merespon ketika kita sudah memasukan ATM, biasanya ketika ada mesin ATM yang sedang rusak, akan ada tulisan kertas diatas mesin yang memberitahukan kalau mesin ATM sedang mengalami gangguan, namun ketika admin sudah didalam ATM, tidak ada tulisan tersebut dan apesnya ATM BRI admin tertelan mesin.

Hal yang harus dilakukan ketika kartu ATM ketelan adalah tidak panik, pastikan anda menunggu 5 – 10 didalam ATM sambil menekan tombol Cancel berkali-kali. Apabila setelah 10 menit kartu atm tidak keluar juga, maka sudah dipastikan atm anda tertelan dan segera telp call center BRI untuk memblokir kartu ATM nya.

Penyebab Kartu ATM BRI Tertelan

Ada beberapa penyebab kenapa kartu atm anda bisa tertelan oleh mesin atm, berikut diantaranya

– Mesin ATM Sedang Error

Biasanya ketika mesin atm sedang ada gangguan, akan ada kertas sebagai pengumuman bertuliskan atm sedang dalam perbaikan atau di layar atm menampilkan atm sedang gangguan, nah apabila sudah ada pemberitahuan tersebut, admin harap teman-teman jangan mencoba untuk memasukan kartu ATM, karena pasti atm nya akan ketelan, namun dibeberapa kasus atm yang sedang mengalami gangguan tidak ada ada menampilkan pemberitahuan tersebut.

– Salah memasukan PIN sebanyak 3x

Ketika anda salah memasukan pin atm BRI anda sebanyak 3x maka secara otomatis kartu ATM anda terblokir dan tertelan oleh mesin. Makan harap jangan sampai salah ketika memasukan pin, apabila sudah 2x salah maka jangan lanjutkan apabila ragu. Lebih baik mencobanya lagi keesokan harinya.

– Terlambat Untuk Mencabut Kartu

Ketika anda selesai bertransaksi, biasanya akan muncul notifikasi silahkan ambil uang anda dan kartu anda. Dalam beberapa kasus, banyak orang yang yang lupa untuk mengambil kartu atm, mereka hanya mengambil uang nya saja dan langsung keluar dari bilik mesin ATM, ketika sadar dan masuk ke bilik ATM lagi, atm nya sudah tidak ada karena ketelan oleh mesin.

– Adanya Indikasi Skimming

Ini berbeda dengan penyebab kartu atm bri tertelan sebelumnya, karena ini ada indikasi tindak kejahatan. Ada beberapa kasus kalau mesin ATM nya di ganjal oleh batang korek api yang menyebabkan kartu ATM kita tertelan, dan si penjahat bisa mengambil kembali atm yang tertelan ketika kita sudah pergi. Jadi harap pastikan anda tidak memberikan PIN ATM kepada siapapun.

Kartu ATM BRI Tertelan

Cara Mengeluarkan ATM BRI Yang Tertelan

Hampir dari semua kasus kartu atm bri tertelan tidak bisa dikeluarkan oleh kita, tapi ada beberapa kejadian kalau kita menunggu beberapa menit sambil menekan tombol cancel, ada kemungkinan atm bisa keluar lagi. Tapi kemungkinan itu sangat kecil. Jadi admin harap, apabila atm teman tertelan mesin, segera blokir kartu atm nya dan bikin atm baru.

Cara Mengurus ATM Yang Tertelan

Untuk mengurus kartu atm BRI tertelan silahkan simak panduannya dibawah ini

  • Siapkan buku tabungan BRI dan KTP
  • Datang ke cabang BRI terdekat
  • Ambil nomor antrian ke customer service
  • Sampaikan kalau ATM anda tertelan dan ingin membuat ATM baru
  • Siapkan pin ATM, bisa menggunakan pin lama
  • Selesai

Akan dikenakan biaya sebesar 50.000 rupiah yang di debet langsung dari tabungan anda.

Kesimpulan

Kartu ATM BRI tertelan bisa menimpa siapa saja, yang penting kita tidak panik, tidak memberikan pin kepada orang lain dan tidak menelpon nomor selain BRI untuk memblokir kartu. Jika langkah tersebut dilakukan, maka dipastikan saldo tabungan anda tetap aman, semoga informasinya bermanfaat ya teman.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com