Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

UPDATE! Masa Aktif Rekening Mandiri dan ATM Tanpa Saldo

1 min read

Masa Aktif Rekening Mandiri

Masa Aktif Rekening Mandiri – Terkadang ada sebagian orang yang membuka rekening disaat mereka membutuhkannya saja seperti contoh untuk mendapatkan transferan, untuk mendapatkan bantuan BLT atau hanya untuk sekali pakai saja. Biasanya tipe orang yang seperti itu hanya memakai rekening atau ATM untuk beberapa kali saja, dan membiarkan ATM atau rekening tersebut terbengkalai atau tidak ada transaksi lagi.

Ada juga orang yang hanya sekedar punya-punya saja, cuman rekening kemudian tidak ada transaksi perbankan. Biasanya, mereka akan bertanya apakah ada masa aktif rekening atau ATM dari sebuah bank apabila tidak ada transaksi sama sekali. Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang rekening mandiri yang tidak aktif selema waktu tertentu.

Masa Aktif Rekening Mandiri

Setiap Bank memiliki aturan yang berbeda-beda terkait saldo minimum yang wajib mengendap di ATM.
Begitupun dengan Bank Mandiri, saldo minimal yang harus ada di ATM Bank Mandiri adalah 100 ribu rupiah. Uang 100 ribu itu tidak dapat diambil melalui ATM dan hanya bisa diambil ketika anda menutup rekening. Lalu berapa lama masa aktif rekening Mandiri ketika tidak ada transaksi?

Jawabannya adalah ketika tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut dan saldo sudah kurang dari 20 ribu, maka rekening sudah pasti akan ditutup. Ketika rekening sudah ditutup, maka ATM pun sudah tidak berlaku. Namun, apabila saldo masih diatas 20 ribu dan tidak ada transaksi selama 6 bulan, akan ada biaya 2 ribu rupiah perbulan, biaya tersebut belum dipotong biaya admin ya teman.

Masa Berlaku ATM Mandiri Tanpa Saldo

Untuk masa berlaku ATM mandiri biasanya bisa anda lihat di kartu ATM ada bulan dan tahun. Kartu ATM mandiri hanya aktif selama 3 tahun sejak pembuatan.

Masa Aktif ATM Mandiri Tanpa Saldo

Penyebab Rekening Mandiri Tidak Aktif

  • Tidak ada transaksi selama 6 bulan berturu-turut.
  • Saldo sudah 0 dan pihak Bank sudah tidak bisa memotong biaya admin
  • Nasabah mengajukan penutupan rekening

Cara Mengaktifkan Rekening Mandiri Yang Tidak Aktif

Untuk menegaktifkan kembali rekening Mandiri anda, anda bisa datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa ATM, KTP dan Buku Tabungan. Biasanya anda akan diminta untuk menyetor sejumlah uang sekitar 100 ribu rupiah agar rekening anda bisa aktif lagi.

Kesimpulan

Untuk melihat masa aktif rekening Mandiri anda cukup datang ke ATM Mandiri terdekat dan lakukan cek saldo atau transfer. Ketika di monitor menunjukan notifikasi Rekening Anda Tidak Aktif berarti rekening Mandiri anda sudah tidak aktif.

Baca Juga : Cara Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

Jadi, alangkah baiknya ketika kita membuka Rekening, kita tidak boleh membiarkan rekening pasif selama 6 bulan berturut-turut. Minimal ada satu transaksi dalam 6 bulan itu, dan jangan sampai saldo kita 0 ya teman karena ada biaya bulanan sebesar 25.000 rupiah yang dipotong oleh pihak Bank.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com