Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Cara Mengetahui User ID BRI Kita Yang Lupa 2021

3 min read

Cara Mengetahui User ID BRI Kita Yang Lupa

Cara Mengetahui User ID BRI – Mobile Banking merupakan salah satu layanan yang banyak ditawarkan oleh berbagai bank saat ini. Kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi tanpa harus mendatangi kantor cabang bank memang membuat orang tertarik untuk menggunakannya. Selain itu, pihak bank juga dapat diuntungkan dengan tidak perlu memiliki banyak karyawan untuk melayani para nasabah.

Untuk melakukan transaksi dengan mobile banking maupun internet banking, nasabah BRI biasanya harus memiliki User ID dan Password. Kedua detail login inilah akan dimasukkan pada website ataupun aplikasi yang disediakan pihak BRI. Cara mengetahui User ID BRI pun sangat mudah, dan and pun bisa kembali mencarinya jika anda kebetulan kehilangan User ID untuk rekening anda.

Lupa User ID BRIMO

Untuk mengetahui User ID, kamu harus terlebih dahulu mendaftar melalui mesin ATM ataupun dengan menemui teller di kantor cabang BRI.

Untuk membuat User ID dengan menggunakan ATM:

  1. Untuk pemilik rekening BRI yang sudah memiliki kartu ATM, kamu bisa memasukkan kartu tersebut ke dalam mesin ATM BRI.
  2. Jika sudah memasukkan nomor PIN, akan muncul beberapa pilihan.
  3. Pilih ‘Transaksi Lain’.
  4. Menu ini akan membawa kamu ke halaman baru dimana kamu bisa memilih menu ‘Administrasi’.
  5. Menu administrasi akan memperkenankan kamu untuk melakukan pengubahan pada informasi rekening, termasuk untuk mendaftar layanan yang disediakan bank.
  6. Jika kamu melihat pilihan ‘Registrasi Internet Banking’, tekan pilihan ini.
  7. Kamu akan diminta untuk memasukkan kembali PIN kamu.
  8. Setelah PIN terkonfirmasi, mesin ATM akan mencetak struk.
  9. User ID dan password untuk internet banking dapat dilihat pada struk yang telah tercetak.

Cara Mengetahui User ID BRI Kita Yang Lupa

Hanya saja, cara diatas tidak akan menjadi solusi bagi kamu yang sudah melakukan registrasi internet banking sebelumnya, namun telah lupa User ID atau kehilangan struk yang didapatkan dari ATM.

Solusi pertama yang mungkin bisa kamu coba adalah melalui email, caranya:

  1. Masuk ke akun email yang kamu daftarkan ketika kamu membuka rekening BRI. Langkah ini bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi email di handphone.
  2. Pada barisan inbox email kamu, temukan email yang dikirimkan oleh BRI ketika kamu melakukan registrasi di ATM.
  3. Jika sulit untuk menemukannya, kamu bisa menggunakan fitur pencarian email dengan kata kunci ‘BRI’ atau ‘Internet Banking’.
  4. Jika kamu belum menghapus email notifikasi tersebut, maka kamu bisa membuka email dan menemukan User ID yang terhubung dengan rekeningmu.

Kekurangan dari cara mengetahui User ID BRI di atas adalah kamu tidak akan bisa menemukan user ID jika email telah dihapus. Untuk mendapatkannya kembali, kamu harus mengunjungi kantor cabang dengan membawa KTP Elektronik asli, atau menghubungi Call Center BRI.

Cara Mengatur User ID BRI

Cara Mengetahui User ID BRI

Ada dua cara untuk mengatur user ID di BRI yaitu dengan melalui call center atau melalui kantor cabang BRI terdekat. Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasannya.

Via Call Center

Keuntungan menggunakan cara via call center adalah tidak terbatas oleh waktu.  Jadi, Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja, baik itu hari libur atau tidak dan di jam kerja atau tidak. Selain bisa mengatur user ID, Anda juga bisa mengatur password untuk user ID tersebut melalui call center ini.

Cara ini cocok sekali bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu untuk dating langsung ke kantor cabang BRI terdekat. Untuk menghubungi call center BRI, Anda hanya perlu menghubungi di nomor 021-57-987-400 atau 14017.

Baca Juga : Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir

Perlu Anda ingat bahwa layanan call center ini memerlukan biaya pulsa. Maka dari itu, sebelum menghubungi call center BRI, sediakanlah pulsa yang cukup agar telepon tidak terputus di tengah-tengah perbincangan. Jika pembicaraan terputus tapi proses mengatur user ID belum selesai, maka Anda harus mengulangi proses dari awal lagi.

Hal-hal lain yang perlu Anda siapkan selain pulsa adalah  buku tabungan BRI, kartu ATM/kartu debit BRI, dan KTP. Dokumen-dokumen tersebut berfungsi untuk menjawab beberapa pertanyaan dari CS untuk memverifikasi apakah penelepon benar-benar pemiliki rekening sah atau bukan. Contoh pertanyaan yang diajukan yaitu seperti nomor rekening, alamat sesuai KTP, dan lain sebagainya.

Jika semua jawaban benar, maka proses akan dilanjutkan. Di tahap ini, Anda hanya perlu mengikuti arahan dari CS untuk mengatur user ID dan password. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa cara mengatur user ID di BRI via call center  ini tidak bisa mengganti user ID dan password secara langsung, namun hanya menghapusnya saja.

Untuk mendaftar ulang dan mengatur user ID baru, Anda bisa melakukannya di ATM BRI terdekat. Namun, akun m-banking BRI yang didaftarkan melalui ATM hanya bisa digunakan untuk transaksi nonfinansial. Untuk melakukan transaksi finansial, Anda tetap harus mendatangi CS di kantor cabang BRI.

Melalui Kantor Cabang Terdekat

Cara yang kedua yaitu dengan dating langsung ke kantor cabang BRI terdekat di kota Anda. Namun, kekurangannya dari cara ini yaitu waktu yang tidak fleksibel. Anda harus dating sendiri ke kantor cabang di waktu jam kerja. Oleh karena itu, Anda harus menyempatkan waktu untuk dating ke kantor cabang.

Akan tetapi, megatur user ID dan password di kantor cabang memiliki kelebihan yakni bisa digunakan untuk berbagau transaksi finansial dan nonfinansial. Semua proses mengganti user ID dan password akan dilakukan oleh CS. Anda hanya perlu mengambil nomor antrian, mengisi formulir, dan menunggu hingga dipanggil oleh CS.

Jangan lupa untuk membawa beberapa persyaratan seperti KTP, kartu ATM, buku tabungan, dan nomor handphone yang aktif untuk menerima PIN mtoken. Anda juga akan membutuhkan materai untuk mengisi formulir yang diminta. Jika tidak membawa persyaratan tersebut, maka permintaan mengatur atau mengganti user ID tidak akan disetujui.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *