Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online Terbaru 2021

2 min read

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online – Semakin pesatnya kemajuan teknologi, membuat semakin cepat pula segala macam transaksi dan bisnis melalui jalur online. Salah satunya seperti pinjaman online, yang merupakan proses peminjaman hanya dengan melakukan pengajuan secara online tanpa perlu melakukan pertemuan tatap muka. Lalu, bisakah menghapus data dari pinjaman online?

Dari pinjaman yang bersifat online, jelas Anda akan memasukkan data-data sebelum melakukan pengajuan pinjaman pada pihak pemberi pinjaman. Ketika data-data Anda sudah tersimpan, barulah Anda dapat menerima pinjaman sesuai dengan yang Anda ajukan. Ketika sudah selesai melakukan proses peminjaman dan melunasinya, bisakah menghapus data dari pinjaman online?

Mengapa Harus Hapus Data Pribadi dari Pinjaman Online?

Agar tidak mengalami penyalahgunaan akan data pribadi milik Anda, sudah sewajarnya dilakukan penghapusan data-data Anda dari akun peminjaman online. Karena kemajuan teknologi juga berdampak pada semakin pesatnya kejahatan berbasis online yang dapat dengan mudah menjerat Anda.

Syarat Sebelum Hapus Data dari Pinjol

Sebelum menghapus data dari akun peminjaman online, alangkah baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut. Pertama, pastikan kesepakatan hutang antara Anda melalui handphone tersebut dengan pihak peminjaman online. Selanjutnya hilangkan akses izin, yang mana sudah Anda berikan pada saat pendaftaran dulu.

Jadi Anda tak perlu menghapus data pribadi dari handphone, hanya perlu membatalkan izin. Karena percuma ketika bisakah menghapus data dari pinjaman online sudah Anda lakukan prosesnya tapi tidak Anda batalkan izinnya. Karena banyak data-data berharga yang bisa saja langsung diakses oleh aplikasi peminjaman online tersebut.

Adapun cara menghilangkan izin akses tersebut ialah sebagai berikut. Buka setting yang memiliki ikon roda bergigi pada sisi kanan atas screen handphone. Pilih aplikasi dan pilihlah aplikasi peminjaman online yang ingin Anda batalkan izinnya. Lakukan scroll ke bagian bawah untuk mematikan akses izin dan matikanlah sesuai kehendak Anda.

Cara Menghapus Data Kontak Dari Pinjaman Online

Lalu bisakah menghapus data dari pinjaman online tersebut dilakukan? Tentu bisa, berikut caranya dapat Anda simak dengan baik! Cara ini termasuk langkah yang cukup ekstrem, di mana Anda akan menghapus data pribadi di dalam aplikasi peminjaman online tersebut sepenuhnya.

Pertama, hubungi call center dari peminjaman online tersbut ketika Anda sudah melakukan pelunasan akan pinjaman yang sebelumnya. Anda dapat mengajukan agar pihaknya melakukan penghapusa data Anda secara penuh. Apabila selesai, uninstall aplikasi peminjaman onlinenya beserta turunannya.

Lakukan pergantian SIM Card milik Anda, dan hapus semua sosial media Anda. Seperti WA, IG, Line, hingga Facebook. Lalu silahkan membuat akun baru dengan nomor yang baru dari SIM Card baru milik Anda. Jika masih saja ada gangguan atau apapun yang berhubungan dengan peminjaman online tersebut, silahkan lapor ke pihak OJK.

Dari artikel ini, sudah bisa menjawab pertanyaan akan bisakah menghapus data dari pinjaman online. Yang mana sekaligus dapat membantu Anda menangani masalah teror atau penyalahgunaan data pribadi dari proses peminjaman online. Di mana hal ini begitu merugikan dan tidak mengenakkan bagi Anda yang menjadi korban.

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Sebenarnya, baik pinjaman pinjaman online yang sebar data itu kebanyakan dari mereka adalah pinjol yang ilegal. Banyak pinjol ilegal yang menyebarkan data nasabah mereka karena nasabahnya tidak membayar angsuran atau tidak membayar pinjaman, berikut tips agar pinjol tidak sebar data

  • Hindari pinjaman dari fintek yang ilegal
  • Akses handphone yang harus dibatasi ketika instal aplikasi
  • Pastikan aplikasi pinjol aman dari virus
  • Bayar pinjaman anda atau cicilan anda tepat waktu

Kesimpulan

Meskipun peminjaman online merupakan layanan yang mempermudah Anda dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, layanan ini juga dapat merugikan Anda sendiri. Tetapi tak semua jasa peminjaman online melakukan kecurangan, bahkan rata-rata kecurangan yang terjadi dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab yang ingin mendapatkan keuntungan besar.

Anda juga dapat melaporkan masalah ini jika memang sangat mengganggu, karena peraturan di Indonesia juga sudah ada yang mengatur mengenai kejahatan semacam ini. Jadi Anda tak perlu banyak bingung dan risau. Hanya perlu melakukan antisipasi hingga tindakan yang tepat untuk memberikan imbalan yang setimpal pada pelakunya.

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *