Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Tabel Angsuran KUR BRI, Syarat Pinjaman Terbaru 2021

6 min read

Tabel Angsuran KUR BRI, Syarat, Bunga Pinjaman Terbaru

Tabel Angsuran KUR BRI – Saya yakin semua orang pasti setuju kalau pinjaman KUR dari BRI adalah pinjaman yang paling di buru dan di minati sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain terkenal dengan julukan sebagai Bank nya rakyat Indonesia, Kredit Usaha Rakyat yang dikeluarkan oleh bank BRI juga tidak main-main jumlahnya.

Untuk sekedar informasi saja, BRI selalu menggelontorkan dana lebih dari 100 triliun setiap tahunnya, hanya untuk pinjaman jenis KUR saja. Tentunya komitmen dari bank BRI tidak main-main, sebagai bank ber plat merah harus mempunyai misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya dibidang permodalan. Nah penjelasan kali ini, kita akan membahas tentang apa si pinjaman KUR BRI itu? lengkap dengan tabel angsuran KUR BRI 2021 yang bisa anda simak di penjelasan dibawah.

Semua orang juga sudah pasti tahu, kalau KUR BRI memberikan bunga yang sangat ringan kepada para krediturnya. Dan dengan ribuan cabangnya yang sudah menyebar ke seluruh pelosok kecamatan bahkan desa di seluruh Indonesia, tentunya itu sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi mengenai KUR BRI.

Tidak bisa dipungkiri kalau pinjaman KUR BRI pada awalnya memang ditujukan untuk para pelaku UMKM menengah kebawah, tetapi semakin berkembangnya zaman, KUR BRI bisa diakses oleh siapa saja yang tentunya memenuhi persyaratan. Untuk kalian yang mau tahu apa saja persyaratan untuk pinjaman KUR BRI, disini kami akan menjelaskannya secara rinci dan jelas, berikut pembahasannya.

KUR BRI

Syarat Pengajuan KUR BRI Terbaru

Banyak orang mengajukan pinjaman KUR BRI tetapi ditolak atau tidak di acc oleh mantri bank, biasanya sebagian penolakan karena calon kreditur tidak memenuhi persyaratan untuk pengajuan KUR. Sebagai informasi tambahan, untuk persyaratan pengajuan KUR berbeda dengan persyaratan pengajuan pinjaman konvensional.

Jadi, alangkah baiknya kalau anda membaca informasi ini ketika anda akan mengajukan pinjaman KUR BRI setalah anda mengetahui syaratnya, anda juga akan mendapatkan info tabel angsuran KUR BRI terbaru. Silahkan baca dengan teliti, anda bisa menyiapkan persyaratan tersebut sebelum mengajukan pinjamannya.

Persyaratan Dokumen

  • Fotocopy KTP pribadi dan pasangan kalau sudah menikah
  • Fotocopy KK
  • Surat Keterangan Usaha

Persyaratan Non Dokumen

  • Memiliki usaha, minimal sudah berjalan 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali KPR, KKB dan Kart Kredit
  • Mempunyai usaha di marketplace atau gojek, grab (untuk pinjaman e-commerce)
  • Mempunyai riwayat BI Checking yang baik
  • Mengisi formulir pengajuan KUR
  • Memberikan agunan (untuk KUR Ritel)

Persyaratan diatas harus anda siapkan terlebih dahulu ketika anda akan melakukan pengajuan pinjaman, anda juga bisa menanyakan ke petugas BRI langsung untuk penjelasan mengenai persyaratan yang lebih jelas lagi. Biasanya, untuk pinjaman diatas 50 juta, anda juga wajib melampirkan fotocopy NPWP.

Jenis Pinjaman KUR BRI

Ada beberapa jenis pinjaman KUR BRI yang bisa anda pilih dan anda pelajari. Mulai dari pinjaman KUR dengan plafon maksimal 10 juta sampai dengan KUR dengan plafon maksima 500 juta rupiah. Semua itu merupakan dari program KUR yang diberikan oleh bank BRI, tentu saja dengan suku bunga yang super ringan berikut jenis pinjaman KUR yang ada di BRI lengkap dengan tabel angsuran kur BRI.

– Pinjaman KUR Super Mikro

Jenis pinjaman ini ditujukan untuk para ibu rumah tangga yang menjalankan usaha kecil-kecilan atau bisa juga untuk para pekerja yang terkena PHK dan sedang memulai usaha baru. Berbeda dengan pinjaman KUR lainnya yang mewajibkan usaha sudah berjalan minimal 6 bulan, pada pinjaman KUR super mikro ini tidak diwajibkan persyaratan tersebut.

Jadi, semisal anda baru memulai usaha hanya 3 bulan saja, anda sudah bisa mengajukan pinjaman jenis ini. Plafon pinjaman mulai dari 1 juta sampai dengan 10 juta rupiah dan tidak diwajibkan adanya agunan.

– Pinjaman KUR Mikro BRI

Pinjaman ini ditujukan kepada para pedagang atau para pelaku usaha UMKM sektor kecil. Pinjaman ini juga bisa untuk para pengemudi ojek online dan para pelaku usaha dagang online seperti jualan di shopee, tokopedia dan bukalapak. Jenis pinjaman ini juga tidak mejawibkan adanya agunan, maksimal plafon pinjaman bisa sampai dengan 50 juta rupiah dengan tenor 3 tahun atau 36 bulan. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, anda bisa melihat tabel angsuran KUR BRI dibawah.

Suku bunga KUR jenis ini sangat ringan yakni cuman 6% saja per tahunnya, dan sebagai informasi pinjaman jenis ini bebas biaya provisi dan bebas biaya administrasi

– Pinjaman KUR TKI

Jenis pinjaman ditujukan untuk para calon TKI yang akan berangkat ke luar negri khususnya ke negara Hongkong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura. Nantinya, BRI akan meminjamkan modal dengan plafon maksimal 25 juta untuk modal calon TKI berangkat ke luar negri. Suku bunganyapun ringan cuman 6% saja dengan tenor maksimal 36 bulan atau berdasarkan kontrak kerja.

Untuk persyaratannya, sama dengan persyaratan jenis KUR yang lainnya, cuman untuk surat keterangan usaha diganti dengan surat perjanjian kerja dan perjanjian penempatan ada juga tambahan untuk fotocopy passpor dan visa.

– Kur Retail BRI

Pinjaman jenis ini ditujukan untuk para pelaku usaha UMKM menengah, karena plafon pinjaman bisa mencapai 500 juta rupiah, maka pinjaman jenis ini diwajibkan adanya agunan. Agunan bisa sertifikat rumah atau tanah atau bisa juga BPKB kendaraan.

Suku bunga yang diberikan BRI pada pinjaman ini juga sama yaitu 6% per tahun dengan plafon mulai dari 25 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah, dengan tenor maksimal 60 bulan untuk kredit investasi dan 48 bulan untuk kredit modal kerja. Kalau anda akan mengajukan pinjaman jenis ini, disarankan untuk membuat SIUP atau IUMK dan NPWP. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tabel angsuran kur BRI dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR BRI Terbaru

Dibawah ini akan kami tampilkan beberapa tabel angsuran KUR BRI terbaru dari berbagai jenis pinjaman dengan plafon 10 juta, 50 juta, 100 juta bahkan sampai dengan 500 juta. Anda bisa melihat secara rinci berapa besaran angsurannya, berapa jumlah pinjamannya dan berapa lama tenornya. Berikut 3 tabel angsuran KUR BRI 2021 yang bisa anda simpan di handphone anda.

Tabel Angsuran KUR BRI 10 juta 2021

Tabel angsuran KUR BRI ini merupakan dari jenis pinjaman KUR Super Mikro, dengan tidak diwajibkan adanya agunan, anda bisa meminjam dengan nominal 1 juta sampai dengan 10 juta. Tenornya pun sangat fleksibel bisa 9 bulan, 15 bulan, 21 bulan, yang terlama yaitu 33 bulan.

Apabila anda mengambil pinjaman 10 juta dengan tenor maksimal 33 bulan, maka besaran cicilan anda perbulan hanya 329.500, sangat ringan bukan?  Silahkan lihat tabel angsuran KUR BRI dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Tabel Angsuran KUR BRI 10 juta 2021

Tabel Angsuran KUR BRI 50 Juta 2021

Tabel angsuran ini merupakan dari jenis pinjaman KUR BRI Mikro, jenis pinjaman mempunyai plafon mulai dari 1 juta rupiah sampai dengan 50 juta rupiah. Ada pilihan tenor atau jangka waktu pinjaman di pinjaman jenis ini, anda  bisa memilih tenor mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan dan yang terakhir adalah 36 bulan atau 3 tahun. Dengan suku bunga KUR yang ringan, anda bisa memillih untuk pengajuan dengan jumlah plafon berapa, tentunya sesuai kebutuhan dan kebutuhan anda.

Sebagai contoh anda memilih untuk meminjam 50 juta rupiah dengan tenor 36 bulan, maka besaran angsuran anda adalah sebesar 1.520.000. Anda bisa melihat lebih rinci lagi dalam tabel angsuran KUR BRI dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR BRI 50 juta 2021

Tabel Angsuran KUR BRI 100 Juta sampai 500 Juta

Tabel angsuran ini dari jenis pinjaman KUR BRI Retail, bunga yang ringan dan plafon yang besar tentu saja sangat cocok untuk para pelaku usaha yang ingin menambah modalnya. Anda bisa memilih plafon pinjaman mulai dari 50 juta, 100 juta atau yang paling besar 500 juta rupiah. Tenornya pun sangat fleksibel dan cukup panjang, yaitu ada pilihan 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan dan 48 bulan.

Lihat Juga : Tabel Pinjaman BRI 200 Juta

Sebagai contoh anda meminjam uang 100 juta di KUR BRI jenis ini dengan tenor 48 bulan, maka cicilan anda perbulannya adalah 2.466.247 rupiah. Anda bisa melihat dengan jumlah plafon dan tenor yang berbeda di tabel angsuran KUR BRI dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR BRI 100 Juta sampai 500 Juta

8 Keunggulan Pinjaman KUR BRI

Sebagai Bank terbesar di Indonesia, tentu saja BRI menjadi salah satu bank yang paling banyak di minati di Indonesia. Hal tersebut berbanding lurus dengan pemberian kuota KUR yang diberikan oleh pemerintah. Bank BRI mendapatkan kuota dan dana paling banyak dibandingkan bank lainnya dalam penyaluran KUR. Lalu, ada keunggulan apa lagi selain kuota KUR terbanyak? Dibawah ini akan diberikan beberapa keunggulan pinjaman KUR BRI dibandingkan degan KUR dari bank lainnya.

  • Mempunyai dana dan kuota KUR terbesar
  • Kantor cabang BRI yang sangat banyak, hampir setiap kecamatan di Indonesia ada.
  • Suku bunga yang sangat ringan, cuman 6% per tahun
  • Jenis pinjaman KUR yang variatif, ada KUR Mikro, KUR Super Mikro, KUR Retail dan KUR TKI
  • Pengajuan bisa melalui online
  • Persyaratan yang mudah
  • Tabel Angsuran KUR BRI yang bisa mudah anda dapatkan
  • Tidak diwajibkan adanya agunan (untuk jenis pinjaman kur tertentu)
  • Proses pembayaran yang mudah, bisa autodebet dari tabungan BRI anda

Cara Pengajuan dan Prosedur Pinjaman KUR BRI 2021

Ada 2 metode yang bisa dilakukan untuk pengajuan KUR BRI, yaitu metode offline dan metode online. Anda bisa memilih salah satu dari 2 metode tersebut, tapi perlu diketahui, untuk persyaratannya adalah sama meskipun metode pengajuannya berbeda, berikut kami jelaskan lebih rinci lagi.

Pengajuan KUR BRI Metode Offline

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat
  • Persiapkan persyaratan pengajuan KUR
  • Isi formulir pengajuan secara lengkap
  • Tunggu usaha anda disurvey oleh mantri BRI
  • Setelah proses diatas semua selesai, tinggal menunggu apakah anda layak menerika KUR atau tidak
  • Apabila di acc, tinggal menunggu proses pencairan
  • Biasanya proses memakan waktu 3-7 hari kerja
  • Selesai

Pengajuan KUR BRI Metode Online

  • Buka website kur BRI di kur.bri.co.id
  • Silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu
  • Setelah selesai melakukan pendaftaran, pilih Ajukan Pinjaman
  • Baca ketentuan yang muncul, lalu pilih Setuju
  • Isi formulir yang ada di website dengan lengkap sesuai yang di minta seperti nama lengkap, nik, pekerjaan, alamat lengkap, hingga tanggal lahir anda.
  • Lengkapi data akun e-commerce anda
  • Upload dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Foto selfi pribadi, foto usaha, foto surat keterangan usaha dan bila perlu unggahlah NPWP anda.
  • Pilih nominal pinjaman dan tenor pinjaman yang anda akan ajukan
  • Selesai
  • Selanjutnya anda akan dihubungi oleh petugas dari BRI
  • Petugas juga akan memberikan brosur tabel angsuran BRI kepada anda agar anda bisa melihat skema pinjamannya

Tips Agar Pinjaman KUR BRI Anda Cepat di Setujui

Sebagai orang yang membutuhkan dana dan berniat untuk mengajukan pinjaman, tentu saja kita ingin agar pengajuan kita disetujui atau di acc dengan cepat. Sebagai informasi, pihak BRI tidak asal menyutujui semua pengajuan KUR yang masuk.

Meskipun persyaratan sudah lengkap, kadang tetep tidak disetujui karena alasan atau faktor lain. Nah, dibawah ini merupakan tips yang bisa anda lakukan agar pinjaman KUR BRI anda disetujui.

  • Tidak mempunyai kredit atau pinjaman di bank lain kecuali kredit komsumtif seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit
  • Pastikan BI checking anda bagus, tidak pernah ada kredit macet
  • Pastikan usaha anda layak dan sudah berjalan
  • Pastikan persyaratan anda lengkap semua
  • Bersikaplah kooperatif dengan petugas BRI

Kesimpulan

KUR BRI memang sangat membantu perekonomian masyarakat Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Banyak orang memilih untuk mengajukan pinjaman KUR BRI karena suku bunga yang sangat ringan dan prosesnya yang mudah. Penjelasan diatas tentunya bisa menjadi referensi anda yang ingin atau sudah menjadi kreditur dari KUR BRI. Informasi diatas menjelaskan tentang persyaratan, tabel angsuran kur bri, cara pengajuan dan tips agar pengajuannya pinjaman KUR BRI disetujui.

Semoga informasi mengenai tabel angsuran KUR BRI bermanfaat bagi anda, dan untuk yang sudah menjadi kreditur KUR BRI semoga bisa anda bisa melihat berapa angsuran yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

Dan untuk yang belum menjadi kreditur KUR BRI, semoga pangajuan anda cepat di acc atau disetujui setelah membaca artikel diatas.

Informasi Tambahan : Ada juga produk baru dari bank BRI yaitu pinjaman KUR untuk Petani yang pembayaran cicilannya bisa musiman, untuk syarat lengkapnya, silahkan baca disini ya, Syarat KUR BRI untuk petani

Jiragam Seseorang yang hobi mengamati dunia perbankan, keuangan dan fintek di Indonesia, dan menyalurkannya melalui tulisan di TabelPinjaman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *